DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif
Umum - drzpost.com -
Sebelum kita melihat contoh-contoh paragraf deduktif, yuk kita cari tahu apa sih pengertian paragraf deduktif? Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf, lalu kalimat-kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelasan terhadap kalimat utama tersebut. Yuk kita lihat aja berbagai contoh paragraf deduktif.

Contoh-Contoh Paragraf Deduktif

Contoh paragraf deduktif tentang lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan. Dengan lingkungan yang bersih, maka kuman-kuman penyakit tidak akan bersarang di lingkungan rumah kita. Bayangkan jika lingkungan kira kotor, maka kuman penyebab penyakit akan banyak bersarang di rumah kita, tentu saja hal ini akan membuat kita terkena penyakit. Dengan menjaga kebersihan, biasanya jentik-jentik nyamuk malaria tidak akan ada, sehingga kita terhindar dari penyakit malaria dan sebagainya.

Pada contoh paragraf deduktif di atas, kalimat "Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan." merupakan kalimat utama, lalu setelah itu diikuti kalimat-kalimat penjelas atau pendukung.

Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan

Kesehatan gigi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena jika gigi rusak dan tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan risiko terjadinya gangguan kesehatan yang sistemik dan kronis. Karena gigi akan membusuk, dan pembusukan itulah yang menyebabkan bakteri akan menjalar ke organ tubuh lainnya dan memicu timbulnya penyakit. Bahkan memicu terjadinya pre-cancer.

Nah itu dia friend beberapa contoh paragraf deduktif. Sudah semakin jelaskan? yang penting taruh kalimat utama di awal paragraf, lalu diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas atau pendukung dari kalimat utama tersebut.

Artikel ini ditulis oleh Gunawan pada 15:37 31 December 2012 | dibaca 9408 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Cara Menulis Karya Ilmiah yang Baik dan BenarCara Menulis Karya Ilmiah yang Baik dan Benar
Contoh Resensi Buku Fiksi atau NovelContoh Resensi Buku Fiksi atau Novel
Contoh Karangan ArgumentasiContoh Karangan Argumentasi

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya