DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Pidato Hari Pahlawan 10 November

Pidato Hari Pahlawan 10 November
Umum - drzpost.com -
Hai teman-teman semua..ntar lagi 10 november nih, teman-teman tahu semuakan hari apa itu? ya benar hari pahlawan. Kenapa kok hari pahlawan di tanggal itu ya?

Karena pada tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran yang besar antara tentara nasionalis Indonesia melawan sekutu untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ini adalah pertempuran pertama kali setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Buat teman-teman yang lagi mencari contoh naskah pidato hari pahlawan. Nih ada teks pidato hari pahlawan.

Naskah Teks Pidato Hari Pahlawan

Assalamualaikum wr wb.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukir kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmatnya sehingga kita bisa berkumpul pada hari ini memperingati hari pahlawan. Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak Ibu Guru dan teman-teman yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan pidato singkat di hari pahlawan ini.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman seperjuangan.

Hari ini kita memperingati hari pahlawan, merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Setiap tahun kita mengenang jasa para pahlawan. Namun terasa, mutu peringatan itu menurun dari tahun ke tahun. Kita sudah makin tidak menghayati makna hari pahlawan. Peringatan yang kita lakukan sekarang cenderung bersifat hanya seremonial saja. Memang kita tidak ikut mengorbankan nyawa seperti para pejuang di Surabaya pada waktu itu.Tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, rakyat telah mengorbankan nyawanya. Kita wajib menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa mereka. Karena itulah kita merayakan Hari Pahlawan setiap 10 November.Akan tetapi kepahlawanan tidak hanya sekedar itu saja. Dalam mengisi kemerdekaan pun kita dituntut untuk menjadi pahlawan. Menghadapi situasi seperti sekarang kita berharap muncul banyak pahlawan dalam segala bidang kehidupan. Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan, pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, Indonesia yang adil dan demokratis, dan Indonesia yang bersih dan bebas korupsi.

Kita sebagai generasi muda harus meneruskan cita-cita para pahlawan untuk memajukan bngsa Indonesia. Kita juga perlu meneladani sikap patriotisme dan rela berkorban yang dilakukan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita. Selayaknya kita tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan karena tanpa jasa mereka kita tidak bisa menikmati kehidupan seperti sekarang ini.

Kita sebagai generasi penerus bangsa,dengan memperingati hari pahlawan ini kita bisa saling introspeksi diri,menruskan perjuangan para pahlawan dulu dengan belajar dengan sungguh-sungguh,membahagiakan orang tua serta berguna bangsa dan negara untuk memajukan Republik Indonesia.Itulah pahlawan sekarang...

Demikianlan pidato singkat saya di hari pahlawan ini..jika ada kata-kata saya yang salah, saya mohon maaf..

Wasalamualaikum wr wb

Artikel ini ditulis oleh Fresd pada 15:33 31 December 2012 | dibaca 2248 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Contoh Hikayat, Raja HarimauContoh Hikayat, Raja Harimau
Contoh Slogan PendidikanContoh Slogan Pendidikan
Contoh Kata Pengantar Makalah dan Karya TulisContoh Kata Pengantar Makalah dan Karya Tulis

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya