DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Pengertian dan Konsep Mol

Pengertian dan Konsep Mol
Sains - drzpost.com -
Untuk menyatakan banyaknya suatu benda, sehari-hari dikenal satuan lusin, kodi, gros, dan rim. 1 lusin banyaknya 12, 1 gros banyaknya 144, 1 kodi banyaknya 20, dan 1 rim banyaknya 500. Apa satuan zat dalam kimia?

Zat-zat yang terlibat dalam reaksi kimia tersebut mengandung partikel-partikel seperti atom, molekul, atau ion. Bayangkanlah bahwa 1 gram besi mengandung lebih dari 1020 butir-butir atom besi dan 1 mL air mengandung lebih dari 1020 molekul air, jadi sangat sulit menghitungnya.

Apa sih pengertian mol itu? Agar tidak mengalami kesulitan, maka jumlah partikel yang banyak itu diungkapkan dengan satuan jumlah. Para ahli kimia menyatakan satuan jumlah zat dalam kimia adalah mol. Bagaimana menentukan mol suatu zat?

Konsep Hubungan Mol dengan Jumlah Partikel

Berapa banyak jumlah partikel yang dikandung oleh satu mol zat? Perhatikan hubungan mol dengan jumlah partikel beberapa zat pada tabel berikut.

Konsep Hubungan Mol

Dari data tersebut ternyata 1 mol unsur mengandung 6,02 x 1023 atom dan 1 mol senyawa mengandung 6,02 x 1023 molekul atau ditulis:

1 mol zat mengandung 6,02 x 10>23 partikel zat

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan Johan Loschmidt (1865) para ahli kimia menetapkan bahwa satu mol zat mengandung partikel zat sebanyak yang dikandung oleh 12 gram atom karbon–12. Dari percobaan yang dilakukan diketahui bahwa dalam 12 gram atom C–12 terdapat 6,02 x 1023 atom karbon. Walaupun angka 6,02 x 1023 dikemukakan oleh Johan Loschmidt, dalam kenyataannya terkenal sebagai tetapan Avogadro dengan lambang N.

Tetapan Avogadro (N) = 6,02 x 1023

Jadi, jumlah partikel dapat dihitung dengan mengalikan mol dan tetapan Avogadro.

Mol ditentukan dengan membagi jumlah partikel dengan tetapan Avogadro. Untuk mengubah satuan mol ke jumlah partikel atau sebaliknya dapat digunakan cara seperti berikut ini.

konsep mol

Artikel ini ditulis oleh Juna pada 17:53 30 December 2012 | dibaca 2030 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Pengertian TermokimiaPengertian Termokimia
Larutan Elektrolit dan Non ElektrolitLarutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Rumus Kimia Asam dan BasaRumus Kimia Asam dan Basa

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya