DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Sejarah dan Peninggalan Kerajaan Kutai

Sejarah dan Peninggalan Kerajaan Kutai
Umum - drzpost.com -
Kerajaan Kutai terletak di dekat Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Keberadaan kerajaan ini dapat diketahui dari tujuh buah prasasti (Yupa) yang ditemukan di Muarakaman, tepi Sungai Mahakam. Prasati Yupa merupakan peninggalan kerajaan Kutai.

Prasasti yang berbentuk yupa itu menggunakan huruf pallawa dan bahasa sanskerta. Menurut para ahli, diperkirakan kerajaan Kutai dipengaruhi oleh kerajaan Hindu di India Selatan. Perkiraan itu didasarkan dengan membandingkan huruf di Yupa dengan prasasti-prasasti di India. Dari bentuk hurufnya, diperkirakan prasasti itu berasal dari Abad 5 M. Apabila dibandingkan dengan prasasti di Tarumanegara, bentuk huruf di kerajaan Kutai jauh lebih tua.

Berdasarkan salah satu isi prasasti Yupa, kita dapat mengetahui nama-nama raja yang pernah memerintah di Kutai, yaitu Kundungga, Aswawarman, dan Mulawarman. Nama Kundunga tidak dikenal dalam bahasa India, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa nama tersebut merupakan nama asli daerah tersebut. Namun masih dalam yupa yang sama dijelaskan bahwa Kundungga mempunyai anak yang bernama Aswawarman yang mempunyai putra bernama Mulawarman. Dua nama terakhir merupakan nama yang mengandung unsur India. Dengan demikian, salah bukti telah masuknya pengaruh kebudayaan Hindu di Indonesia dapat dilihat dari penamaan anak dan cucu Kundungga.

Bukti lainnya adalah adanya tulisan dengan huruf palawa yang pada prasasti Yupa dan bahasa yang digunakan yaitu sansekerta.

Secara keseluruhan isi yupa menceritakan proses upacara kurban yang diadakan Raja Mulawarman. Dia seorang raja besar yang sangat mulia dan terkemuka yang pada masanya Dia memberikan 1000 ekor sapi sebagai hadiah kepada para brahmana. Dari sini dapat dianalisis bahwa masyarakat Kutai makmur dan bermata pencaharian sebagai petani dan berternak.

Artikel ini ditulis oleh Kurnia pada 15:47 05 June 2013 | dibaca 1249 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Manfaat SejarahManfaat Sejarah
Sejarah Pahlawan Nasional Indonesia Teuku Umar dan Cut Nyak DienSejarah Pahlawan Nasional Indonesia Teuku Umar dan Cut Nyak Dien
Jenis Manusia Purba di IndonesiaJenis Manusia Purba di Indonesia

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya