DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Ciri Ciri Khusus Tumbuhan

Sains - drzpost.com - Tumbuhan yang ada di sekitar kamu sangat beragam. Keragaman itu disebabkan, salah satunya oleh lingkungan tempat hidupnya. Ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut bermanfaat untuk mempertahankan hidup.

Berikut akan dijelaskan beberapa tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus, yaitu tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga.

Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan

Ciri Khusus pada Tumbuhan Kaktus

Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus? Apakah di rumahmu ada tanaman kaktus? Tanaman kaktus biasanya ditanam di pot dengan tanah yang kering. Kaktus biasa tumbuh di daerah yang panas dan kering seperti di padang pasir. Untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya ini, kaktus memiliki ciri khusus.

Ciri Ciri Khusus Tumbuhan

Permukaan tubuh kaktus dipenuhi dengan duri-duri. Duri-duri ini adalah daun kaktus yang bentuknya sangat kecil. Hal ini berfungsi untuk mengurangi penguapan. Dengan demikian, air tidak banyak hilang dari tubuhnya. Kaktus melindungi diri dari hewan pemangsa dengan daunnya. Selain bentuk daun, kaktus juga memiliki ciri khusus pada akarnya. Akar kaktus dapat tumbuh sangat panjang dan memiliki banyak akar-akar samping. Hal ini memudahkan akar kaktus menembus tanah.

Batang pada kaktus mengandung klorofil untuk berfotosintesis sehingga mampu memproduksi makanan sendiri. Selain itu, batang kaktus tebal dan berdaging yang berfungsi untuk menyimpan air yang diisap oleh akar.

Ciri Khusus pada Tumbuhan Kantong Semar

Kantong semar merupakan tumbuhan yang mempunyai daun berbentuk seperti kantong. Daun ini menghasilkan cairan khusus untuk mencerna serangga yang terjebak di dalamnya. Tumbuhan ini disebut juga insektivora (pemakan serangga). Perhatikan Gambar di bawah.

Ciri Ciri Khusus Tumbuhan

Kantong semar biasanya tumbuh di tanah lembap yang sangat sedikit mengandung nitrogen. Oleh karena itu, kantong semar memangsa serangga untuk memenuhi kebutuhan nitrogennya.

Cairan khusus yang ada pada daun kantong semar disebut nektar (zat penyusun madu). Nektar ini akan menarik perhatian serangga. Ketika mencium nektar, serangga yang hinggap di mulut kantong akan terpeleset ke dalam kantong. Hal ini terjadi karena adanya lapisan lilin yang melapisi bagian mulut kantong. Selanjutnya, serangga akan dicerna oleh cairan di dalam kantong tersebut. Akhirnya, kantong semar akan menyerap nitrogen yang ada pada serangga tersebut.

Selain kantong semar, tumbuhan pemakan serangga lainnya adalah venus. Bentuk tumbuhan venus seperti guci. Venus memiliki daun yang berbulu dan berengsel sehingga dapat membentang lebar. Serangga yang menyentuh bulu pada daun akan membuat daun menutup dengan cepat. Selanjutnya, serangga yang terjebak akan dicerna dan diserap nitrogennya.

Ciri Khusus pada Tumbuhan Kantong Teratai

Teratai adalah tumbuhan yang hidup mengapung di air. Untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, teratai memiliki akar, batang, dan daun yang khas.

Akar dan batang teratai memiliki rongga-rongga yang membawa oksigen dari air masuk ke akar dan batang. Oleh karena itu, tumbuhan ini dapat bernapas meskipun berada dalam air. Helaian daun teratai muncul dari permukaan air karena tangkai daunnya tumbuh menjalar. Bentuk daun tersebut membulat dan lebar sehingga dapat berfotosintesis dan mempercepat penguapan.

Ciri Ciri Khusus Tumbuhan

Tumbuhan lain yang memiliki ciri khusus, antara lain putri malu dan Rafflesia. Rafflesia disebut juga bunga bangkai. Tumbuhan ini bersifat parasit karena tidak memiliki klorofil. Bunga Rafflesia mengeluarkan bau busuk untuk menarik perhatian serangga mangsanya (lalat). Tumbuhan putri malu akan mengatupkan daunnya saat terkena rangsang sentuhan.

Nah itu dia teman-teman ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan..Mungkin teman-teman bisa menyebutkan ciri-ciri khusu lainnya untuk tumbuhan mawar, putri malu atau lainnya.

Artikel ini ditulis oleh Bagas pada 17:26 09 March 2013 | dibaca 2323 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Fungsi Gen dan AlelFungsi Gen dan Alel
Struktur Biji Dikotil, Monokotil dan FungsinyaStruktur Biji Dikotil, Monokotil dan Fungsinya
Pengertian dan Contoh Piramida MakananPengertian dan Contoh Piramida Makanan

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya