DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Jenis Jenis Dinosaurus dan Gambar Dinosaurus

Sains - drzpost.com - Siapa sih yang gak kenal ama dinosaurus, hewan yang besar yang hidup zaman purbakala dahulu. Dinosaurus artinya adalah kadal raksasa. Dibilang kadal karena dinosaurus rata-rata mirip kadal. Mungkin kalau kita bayangkan binatang zaman sekarang yang mirip dinosaurus adalah komodo.

Jenis-jenis dinosaurus ada bermacam-macam, ada jenis dinosaurus pemakan daging seperti raptor dan tyrannosaurus Rex. Ada Dinosaurus pemakan tumbuhan. Yuk kita lihat jenis-jenis dinosaurus beserta gambarnya.

Jenis-Jenis Dinosaurus

Jenis Jenis Dinosaurus dan Gambar Dinosaurus Tyrannosaurus rex

Tyrannosaurus rex merupakan salah satu jenis dinosaurus karnivora yang terbesar. T-rex dapat tumbuh sepanjang 12,5 meter (sekitar 40 kaki)dan berat mencapai 4-7 ton . Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar seperti triceratops dan edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar di saat itu. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan darat lain yang pernah ada.

Daratan akan terguncang saat Brachiosaurus melintas di hutan prasejarah. Bobot dari dinosaurus ini sebanyak 12 gajah afrika dewasa, dan ukurannya yang luar biasa besar menjadikannya sebagai lawan yang menakutkan bagi musuhnya. Lehernya yang sangat panjang memungkinkannya untuk menjangkau pohon setinggi gedung tiga lantai untuk mencari pucuknya. Mereka membutuhkan makanan yang banyak setiap harinya untuk bertahan hidup. Bila ada dedaunan yang tidak dapat dicapai maka mereka akan mendorong pohon tersebut hingga miring untuk mendapatkannya.

Disamping kenyataan bahwa Compsognathus adalah dinosaurus terkecil yang pernah ada, seekor kadal harus berlari sekencang-kencangnya untuk meloloskan diri dari rahang penjepitnya. Dinosaurus yang kecil dan menakutkan ini memiliki kaki belakang yang kuat untuk kecepatan dan ketangkasan, mata yang tajam dan paruh yang menyerupai burung.

Tulang tebal menutupi kepala Euoplocephalus, sementara sebaris tonjolan tulang dan duri melindungi seluruh tubuhnya yang besar, bagaikan sebuah tank. Kelopak matanyapun ditutupi tulang, yang akan menutup untuk melindungi matanya yang lemah pada saat bahaya datang.

Dinosaurus pemakan tumbuhan yang besar ini menjelajah Afrika sekitar 150 juta tahun yang lalu, memakan tumbuhan demi tumbuhan. Namun Kentrosaurus yang lambat dan tidak tangkas ini dilengkapi dengan duri-duri tajam, yang dapat menyebabkan luka yang mematikan terhadap musuhnya.

Utahraptor lari bagaikan pelari cepat diatas kakinya besar dan kuat, sebelum menerkam korbannya. Mereka mungkin akan mengibaskan cakar belakangnya yang panjang dan lentur. Rahangnya yangh kuat dilengkapi dengan gigi bergerigi tajam yang memungkinkannya merobek daging korbannya. Para ahli percaya bahwa Utahraptor berburu dalam kelompok, menggunakan kecepatannya yang luar biasa dan secara licik menjebak hewan yang ketakutan.

Artikel ini ditulis oleh Gunawan pada 09:51 24 February 2013 | dibaca 18668 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Perkembangbiakan Virus (Replikasi Virus)Perkembangbiakan Virus (Replikasi Virus)
Tata Nama Ilmiah dan Kunci DeterminasiTata Nama Ilmiah dan Kunci Determinasi
Virus yang Menguntungkan Dalam KehidupanVirus yang Menguntungkan Dalam Kehidupan

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya