DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Teori dan Model Atom Bohr

Teori dan Model Atom Bohr
Sains - drzpost.com -
Anda tentu pernah dengar kata "atom". Tahukah anda, apa yang dimaksud dengan atom? bagaimana perkembangan teori atom hingga saat ini dan peranannya dalam kehidupan?

Pemikiran tentang atom telah muncul sejak kurang dari abad ke 5 SM, berawal dari keingintahuan manusia untuk mengenali sifat materi dan menyimpulkan bahwa di balik kerumitan dunia terdapat hal-hal sederhana. Sekitar 600 SM Thales menyatakan bahwa materi terbuat dari air. Pada abad ke-5 SM, Empodecles meyakini bahwa semua materi terdiri atas empat unsur dasar yaitu: tanah, air, udara dan api. Pada abad beikutnya Aristoteles menambahkan unsur kelima dari langit, yaitu eter.

Perkembangan selanjutnya, sekitar 400 SM Demokritus (460-370) mengembangkan teori leuccipus yang menyatakan bahwa suatu materi dipotong terus menerus, hasil akhirnya adalah potongan materi yang tidak dapat dipotong lagi. Demokritus menamakan potongan tersebut sebagai atom. Atom berasal dari kata atomos (yunani ) yang artinya tidak dapat dibagi-bagi lagi. John Dalton (1766-1844) melakukan eksperimen kimia yang mendukung pemikiran demokritus. Akan tetapi pandangan tentang atom mulai berubah sejak ditemukannya elektron oleh J.J Thomson (1856-1940) Penemuan tentang elektron telah mendorong para ilmuan untuk mendalami dan mengembang teori dan model-model atom.

Teori Model Atom Bohr

Model atom Rutherford masih menyisakan kelemahan. kelemahan model atom Rutherford diperbaiki oleh Niels Bohr (1885 - 1962) dengan mengajukan postulat-postulat sebagai berikut:
  1. Elektron mengorbit inti atom hanya dalam lintasan lingkaran tertentu.
  2. Elektron memiliki energi tertentu pada setiap orbit dan bergerak dalam orbit tanpa meradiasi energi. Orbit seperti ini disebut stasioner.
  3. Energi diradiasikan hanya ketika elektron loncat (bertransisi) dari orbit stasioner satu ke orbit stasioner lainnya yang lebih rendah. Radiasi yang dipancarkan berupa foton tunggal dengan energi

    hf = Et - Er

    dengan Et dan Er berturut-turut menyatakan energi orbit yang lebih tinggi dan energi orbit yang lebih rendah.
  4. Momentum sudut elektron dalam orbit harus memenuhi keadaan kuantum

    Teori dan Model Atom Bohr

    Bilangan kuantum n = 1, 2, 3, 4, ... , berkaitan dengan kulit atom K, L, M, N, ...

Artikel ini ditulis oleh Andy pada 06:48 24 February 2013 | dibaca 658 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Bagian Bagian dan Fungsi MikroskopBagian Bagian dan Fungsi Mikroskop
Pengertian Dimensi Fisika dan Contoh DimensiPengertian Dimensi Fisika dan Contoh Dimensi
Pengertian Kalor dan Perpindahan KalorPengertian Kalor dan Perpindahan Kalor

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya