DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Contoh Besaran Turunan Fisika dan Rumusnya

Contoh Besaran Turunan Fisika dan Rumusnya
Sains - drzpost.com -
Apa sih pengertian besaran turunan itu? Besaran Turunan adalah besaran yang satuannya diperoleh dari besaran pokok. Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu.

Besaran yang dapat diukur dan memiliki satuan disebut besaran fisika. Misalnya panjang, massa, waktu, suhu dan lain-lain. Sedangkan besaran yang tidak dapat diukur dan tidak memiliki satuan, merupakan sesuatu yang tidak termasuk besaran fisika. Contoh yang tidak termasuk besaran fisika adalah sedih, senang, kesetiaan, dll.

Di dalam kamar mandi sekolah terdapat bak air yang berbentuk kubus, bagaimana kamu menentukan volume bak air tersebut? Besaran dan satuan apakah yang digunakan? Dari pertanyaan di atas tentu kamu dapat menjawabnya yaitu dengan mengalikan panjang sisi-sisinya. Jika dalam pengukuran kamu menggunakan meter sebagai satuan panjang maka satuan besaran volume adalah meter x meter x meter (m3 ). Volume termasuk besaran turunan dan m3 merupakan satuan turunan. Contoh besaran turunan antara lain volume, luas, kecepatan, gaya, dll. Yuk kita lihat contoh besaran turunan fisika lainnya beserta rumusnya

Contoh Besaran Turunan Beserta Satuan dan Rumusnya

No Besaran Satuan Rumus
1. Volume m3 V = sisi x sisi x sisi
2. Luas m2 L = sisi x sisi
3. Kecepatan ms-1 v = jarak / waktu
4. Massa Jenis kg m-3 p = massa / volume
5. Gaya kg m s-2 F = massa x percepatan

Terdapat beberapa besaran turunan yang dapat kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain : luas, volume, kecepatan dll. Bagaimana kamu dapat menentukan dan mengukur besaran turunan? Kamu dapat melakukan pengukuran dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Misalnya, menentukan kecepatan sepeda motor yang mempunyai satuan m/s. Kamu dapat melakukan pengukuran langsung yaitu dengan menggunakan spidometer, sedangkan pengukuran tidak langsung menggunakan rol meter untuk mengukur jarak tempuh dan stopwatch untuk mengukur waktu tempuh. Hasil bagi antara jarak tempuh dengan waktu tempuh menghasilkan kecepatan. Kecepatan termasuk besaran turunan karena satuannya diperoleh dari besaran pokok panjang dan waktu.

Artikel ini ditulis oleh Juna pada 14:56 22 February 2013 | dibaca 2335 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Termometer Skala Celsius, Fahrenheit, Reamur dan KelvinTermometer Skala Celsius, Fahrenheit, Reamur dan Kelvin
Pengertian CahayaPengertian Cahaya
Model Atom RutherfordModel Atom Rutherford

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya