DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Gelombang Elektromagnetik Fisika, Teori, Jenis dan Contoh

Gelombang Elektromagnetik Fisika, Teori, Jenis dan Contoh
Sains - drzpost.com -
Tahu nggak sobat, selain pengelompokan gelombang berdasarkan arah getar dan perambatannya, ternyata ada pengelompokkan yang lain juga loh. Berdasarkan apa ya? Gelombang yang didasarkan atas medium perambantannya. Berdasarkan pengelompokkan ini , gelombang dapat dibedakan atas: gelombang menkanik dan gelombang elektromagnetik.

Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium dalam perambatan gelombangnya, sedangkan gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya. Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Cahaya tampak adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Penelitian teoritis tentang radiasi elektromagnetik disebut elektrodinamik, sub-bidang elektromagnetisme.

Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Sebagaimana gelombang mekanik, gelombang elektromagnetik juga memiliki sifat yang kurang lebih hampir sama. Adapun sifat dari gelombang elektromagnetik, antara lain, dapat merambat di ruang hampa, merupakan gelombang transversal, mengalami pemantulan (refleksi), mengalami pembiasan( refraksi), mengalami interferensi, mengalami lenturan (difraksi), dan arah rambatannya tidak ditentukan oleh medan listrik maupun medan magnet.

Cahaya, gelombang radio, sinar-X, dan sinar gamma adalah contoh dari gelombang elektromagnetik. Berbagai jenis gelombang elektromagnetik tersebut hanya berbeda dalam frekuensi dan panjang gelombangnya. Hubungan kecepatan perambatan gelombang, frekuensi, dan panjang gelombang dinyatakan sebagai berikut.

Teori Gelombang Elektromagnetik

Perbedaan interval/jarak panjang gelombang dan frekuensi gelombang yang disusun dalam bentuk tabel panjang gelombang dan frekuensi secara berurutan disebut spektrum gelombang elektromagnetik. Gelombang radio memiliki frekuensi terendah, sedangkan sinar gamma memiliki frekuensi tertinggi. Perhatikan Gambar berikut!

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Contoh dan manfaat gelombang Elektromagentik

Apa aja contoh gelombang elektromagnetik. Contohnya: Cahaya matahari, Sinyal telepon seluler, gelombang radio, sinar gamma, sinar infra merah.

Terus apa aja nih manfaat gelombang elektromagnetik. Yaitu: sebagai alat/pengantar komunikasi seperti signal ponsel, Sinar X bisa digunakan untuk pengobatan, Sinar infra merah bisa untuk komunikasi data, sinar gamma bisa digunakan untuk logging pada proses pengoboran minyak bumi.

Artikel ini ditulis oleh Resa pada 20:04 12 February 2013 | dibaca 6613 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Pengertian dan Sumber Energi AlternatifPengertian dan Sumber Energi Alternatif
Teori dan Model Atom BohrTeori dan Model Atom Bohr
Bagaimana Terjadinya Petir dan GunturBagaimana Terjadinya Petir dan Guntur

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya