DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Cerita Rakyat Jawa Barat Lutung Kasarung

Cerita Rakyat Jawa Barat Lutung Kasarung
Umum - drzpost.com -
Hai adik-adik semua, kali ini kita mempunyai cerita rakyat Jawa Barat yang berjudul Lutung Kasarung. Yuk kita baca aja bersama-sama cerita rakyat Jawa Barat Lutung Kasarung.

Cerita Rakyat dari Jawa Barat: Lutung Kasarung

Diceritakan, Kerajaan Pasir Batang dipimpin oleh raja yang bijaksana, bernama Prabu tapa Ageung. Ia memiliki tujuh orang putri. Putri sulung bernama Purba Rarang, sedangkan yang bungsu bernama Purba Sari Ayu Wangi.

Pada suatu hari, Baginda raja menyerahkan tahta kerajaan kepada Purba Sari Ayu Wangi. Tetapi, karena Purba Sari masih kecil, maka tampuk kerajaan dipegang Purba Rarang. baginda pun lalu pergi bertapa dengan permaisuri. Akibat kekecewaannya, Purba Rarang memerintahkan agar Purba Sari dilumuri bedang hitam dan segera diasingkan ke hutan Gunung Cupu Mandala Ayu.

Tersebutlah Guru Minda di kahyangan. Pada suatu malam dia bermimpi bertemu dengan seorang putri cantik jelita di Buana Pancatengah. Akibat Guru Minda melakukan perbuatan yang kurang baik, ia dikutuk menjadi seekor lutung.

Diceritakan Prabu Tapa Ageung, ingin makan daging lutung. Purba Rarang segera memerintahkan Aki Panyumpit untuk mempersembahkan daging lutung pada hari itu juga. Aki Panyumpit pun segera ke hutan. Ketika hampir sore, dia melihat seekor lutung di sebatang pohon. Alangkah kagetnya Aki Panyumpit, ternyata lutung itu bisa bicara dan meminta agar diangkatnya sebagai anak.

Sebenarnya lutung itu adalah jelmaan Guru Minda. Kemudian, Aki panyumpit mengantarkan lutung itu ke istana. Selanjutnya, lutung itu diserahkan kepada Baginda Raja. Tetapi si Lengser tidak dapat menyembelih lutung itu. Lengser segera menyerahkan kembali lutung itu kepada Purba Rarang. Namun, Purba Rarang pun menolak lutung itu dan menyerahkannya ke Purba Sari.

Purba Sari menerima lutung itu dengan senang hati. Si lutung segera mengenali bahwa putri itu ialah putri yang sedang dicarinya. Dia pun memohon kepada Sunan Ambu, agar Purba Sari dikembalikan kembali. Seketika itu pula, Purba Sari kembali ke aslinya. Perubahan Purba Sari akhirnya sampai juga ke Purba Rarang. Ia menjadi murka, lalu memerintahkan Purba Sari melakukan berbagai hal, dengan ancaman hukuman mati. Di antaranya membendung Lubuk Sipatahunan dalam semalam. Purb Sari dengan bantuan Guru Minda, selalu dapat memenuhi titah otu pada waktunya. Hal itu membuat Purba Rarang kian murka.

Akhirnya, Purba Rarang menantang Purba Sari untuk mempertandingkan kekasihnya masing-masing. Purba Rarang yakin sekali bahwa kali ini ia akan menang, karena kekasihnya sendiri, Indrajaya, ialah seorang satria. Namun, apa hendak dikata, ternyata lutung menjelma sebagai Pangeran yang tampan dan gagah berani. Singkat cerita, Purba Sari pun dipersunting oleh Guru Minda dan mereka hidup bahagia.

Nah itu dia cerita rakyat dari Jawa Barat, Lutung Kasarung. Pesan moral yang bisa kita mabil dari cerita rakyat di atas adalah: "Segala niat da perbuatan jahat tak akan berhasil, malah sebaliknya akan mendatangkan celaka".

Artikel ini ditulis oleh Desy pada 17:26 02 February 2013 | dibaca 5391 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Cerpen Cinta PertamaCerpen Cinta Pertama
Contoh Cerita Pengalaman PribadiContoh Cerita Pengalaman Pribadi
Cerita Rakyat Pendek, Si Hamzah DKI JakartaCerita Rakyat Pendek, Si Hamzah DKI Jakarta

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya