DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Contoh Sengketa Internasional

Contoh Sengketa Internasional
Umum - drzpost.com -
Buat teman-teman yang lagi cari-cari berita atau contoh mengenai sengketa Internasional, berikut ada contoh-contoh sengketa internasional yang terjadi di dunia ini. Contoh-contoh berikut diambil dari media massa terkenal seperti kompas, media indonesia dan detik.com

Kumpulan Contoh Sengketa Internasional

Polisi Malaysia yang Tembak TKI Sulit Dibawa ke Pengadilan Internasional

Jakarta 3 TKI tewas ditembak polisi Malaysia. Mereka mengalami luka tembak di kepala dan di dada. Penembakan polisi Malaysia atas warga negara ini pun memancing kemarahan publik. Bahkan sampai mengusulkan mengajukan Malaysia ke pengadilan internasional. Tapi kiranya hal itu sulit dilakukan. "Polisi Malaysia yang melakukan penembakan terhadap 3 TKI tidak dapat dibawa ke ICC karena perbuatannya tidak masuk dalam katagori kejahatan internasional. Apalagi yang berwenang untuk mendakwa di ICC adalah Jaksa penuntut yang bertugas di ICC," jelas Guru Besar Hukum Internasional UI, Hikmahanto Juwana dalam pernyataannya, Sabtu (28/4/2012).

Link

Dinamika Baru Sengketa Kamboja-Thailand

Sengketa perbatasan sekitar Candi Preah Vihear antara Kamboja dan Thailand jadi pusat perhatian media internasional pada saat KTT ASEAN, Mei, di Jakarta. Diharapkan mediasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua ASEAN merukunkan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Perdana Menteri Thailand (waktu itu) Abhisit Vejjajiva dalam masalah Candi Preah Vihear membuahkan hasil. Itu karena konsep Masyarakat Politik dan Keamanan ASEAN yang dicanangkan para kepala negara dan pemerintahan ASEAN menggambarkan mekanisme penyelesaian sengketa antarnegara ASEAN. Di samping itu, Dewan Keamanan PBB telah memberikan amanah kepada ASEAN untuk menyelesaikan masalah tersebut secara damai.

Link

ASEAN dan Sengketa Laut China Selatan

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, minggu lalu, berakhir dengan menyisakan satu persoalan rumit. Negara-negara ASEAN belum berhasil menyatukan sikap mengenai bagaimana mengelola sengketa di Laut China Selatan yang belakangan ini kian panas. Proses pengelolaan sengketa yang melibatkan China dan empat negara ASEAN (Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei) itu kini memasuki tahapan penting dengan adanya rencana menyusun Code of Conduct (CoC) yang nantinya akan disepakati oleh semua negara anggota ASEAN dan China.

Link

Artikel ini ditulis oleh Fresd pada 12:09 20 January 2013 | dibaca 9320 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Pengelompokan dan Contoh Pranata SosialPengelompokan dan Contoh Pranata Sosial
Pengertian Pranata SosialPengertian Pranata Sosial
Kedatangan dan Pengaruh Bangsa Barat Terhadap Kehidupan Masyarakat IndonesiaKedatangan dan Pengaruh Bangsa Barat Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya