DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Batuan Beku Dalam dan Batuan Beku Luar

Sains - drzpost.com - Hmm..teman-teman kalau pernah main ke daerah pegunungan atau sungai-sungai dekat pegunungan, pasti ada liat batuan kan? Nah itu adalah batuan beku. Apa itu batuan beku? Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang lama-kelamaan membeku.

Magma ini dapat berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada, baik di mantel ataupun kerak bumi. Umumnya, proses pelelehan terjadi oleh salah satu dari proses-proses berikut: kenaikan temperatur, penurunan tekanan, atau perubahan komposisi. Lebih dari 700 tipe batuan beku telah berhasil dideskripsikan, sebagian besar terbentuk di bawah permukaan kerak bumi. Berasarkan lokasi membekunya batuan tersebut, batuan beku dibagi atas tiga, yaitu batuan beku dalam, batuan beku gang dan batuan beku luar.

Batuan beku dalam adalah batuan yang proses pembekuannya terjadi di dalam perut bumi. Batuan beku gang adalah batuan beku yang terbentuk di dekat permukaan bumi, biasanya di sela-sela kerak bumi.Batuan beku korok terjadi dari magma yang membeku di lorong antara dapur magma dan permukaan Bumi. Magma yang meresap di antara lapisan-lapisan litosfer mengalami proses pembekuan yang berlangsung lebih cepat, sehingga kristal mineral yang terbentuk tidak semua besar. Campuran kristal mineral yang besarnya tidak sama merupakan ciri batuan beku korok. Batuan beku luar adalah batuan beku yang terbentuk di luar atau permukaan bumi.

Batuan beku dan contohnya

Oke mari kita lihat contoh-contoh batuan beku.

Contoh Batuan beku dalam

Granit
Batuan Beku Dalam Granit

Gabro
Batuan Beku Dalam Gabro

Contoh Batuan beku luar

Basalt
Batuan Beku Luar basalt

Andesit
Batuan Beku Luar andesit

Artikel ini ditulis oleh Resa pada 16:14 18 January 2013 | dibaca 6232 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Lapisan Lapisan AtmosferLapisan Lapisan Atmosfer
Jenis Jenis TanahJenis Jenis Tanah
Penyebaran Flora di IndonesiaPenyebaran Flora di Indonesia

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Anggie Praditya