DRZ Post
Home Hiburan Gaya Hidup Sains Teknologi Umum Web Development Archive
 

> >

Artikel Jaringan Komputer, Macam Macam Jaringan Komputer

Artikel Jaringan Komputer, Macam Macam Jaringan Komputer
Teknologi - drzpost.com -
Kamu telah mempelajari bahwa internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung dalam skala global. Melalui jaringan itu, komputer satu dihubungkan dengan komputer lain sehingga dapat melakukan komunikasi dan tukar menukar data.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru dan istimewa. Hampir setiap kantor, perusahaan, lembaga, atau sekolah menggunakannya untuk memperlancar pertukaran data dan informasi. Berdasarkan cakupannya, jaringan komputer dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network - LAN)

Local Area Network (LAN), merupakan sejumlah komputer yang saling dihubungkan di suatu areal yang tidak begitu luas, seperti di dalam kantor, kampus, atau perusahaan yang biasanya berjarak tidak lebih dari satu kilometer. LAN banyak digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi (PC) guna mempermudah pertukaran data dan berbagi pakai (memakai bersama) peralatan seperti printer.

Macam Macam Jaringan Komputer

2. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network - MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN sering digunakan untuk menghubungkan kantor-kantor perusahaan atau instansi yang letaknya berjauhan, misalnya dari satu kota dengan kota yang lain. MAN mampu menunjang komunikasi data dan suara, bahkan dapat dihubungkan dengan jaringan televisi kabel. Contoh jaringan MAN yaitu jaringan yang menghubungkan sebuah bank dengan beberapa kantor cabang yang ada di kota lain, misalnya suatu bank yang berkantor di Jakarta dengan kantor cabang di wilayah Bogor dan Tangerang.

3. Jaringan Komputer Luas (Wide Area Network - WAN)

Wide Area Network (WAN) jangkauannya meliputi wilayah yang lebih luas, seringkali mencakup beberapa provinsi, antarpulau, antarnegara, bahkan antarbenua. WAN terdiri dari kumpulan komputer dan peralatan pendukungnya, sehingga dapat menjalankan program-program aplikasi pemakai. Contoh jaringan WAN adalah jaringan yang menghubungkan sebuah perusahaan yang ada di Bandung dengan perusahaan rekanannya yang ada di Hongkong. Mereka dapat saling berkomunikasi dan bertukar data hanya dalam beberapa menit. Karena melintasi jarak yang cukup jauh, pengaturan WAN lebih rumit dan kompleks dibandingkan LAN maupun MAN.

Artikel Jaringan Komputer

4. Internet

Internet merupakan kumpulan berbagi jaringan komputer yang saling terhubung. Ada banyak jaringan komputer di dunia ini, yang seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Akibatnya, jaringan satu dengan yang lain terkadang menjadi tidak kompatibel. Agar mereka bisa saling terhubung dalam jaringan internet, diperlukan sarana yang disebut gateway guna menjembatani komunikasi. Kumpulan jaringan yang saling terkoneksi inilah yang disebut internet.

Jaringan komputer juga dapat dibedakan berdasarkan media transmisi data, yaitu jaringan kabel (wire network) dan jaringan tanpa kabel (wireless network). Jaringan kabel bisa memakai kabel koaksial, kabel ulir, atau serat optik seperti yang telah kamu pelajari. Jaringan tanpa kabel menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mentransmisikan data. Jaringan ini merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan kabel. Misalnya seseorang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi ketika sedang berada di atas mobil atau pesawat terbang. Orang itu mutlak membutuhkan jaringan tanpa kabel karena koneksi kabel tidak mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat terbang. Saat ini jaringan tanpa kabel semakin banyak digunakan karena praktis dan fleksibel dengan kecepatan akses yang cukup baik.

Nah itu dia fried artikel jaringan komputer, yaitu macam-macam jaringan komputer.

Artikel ini ditulis oleh Desrizal pada 15:12 09 January 2013 | dibaca 1234 kali oleh pengunjung

Jika kamu pikir artikel ini menarik silahkan share menggunakan:

Tulisan lainnya yang mungkin anda tertarik untuk membacanya

Dasar Dasar Keamanan Jaringan KomputerDasar Dasar Keamanan Jaringan Komputer
Konsep Dasar ElektronikaKonsep Dasar Elektronika
Pengertian KomputerPengertian Komputer

Semua Tentang Jepang

Iklan

Contact : Desrizal, email: codingwear@yahoo.com
Copyright (c) 2012 by Desrizal
Author: Desrizal